Kuliah Umum: Memahami APlikasi Penelitian Kualitatif dalam Bidang Psikologi

Kuliah Umum: Memahami APlikasi Penelitian Kualitatif dalam Bidang Psikologi

UNIMUDA, Psikologi – Rabu (6/7/2022) Program Studi Psikologi Univeristas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong selenggarakan kuliah umum secara luring pada pukul 13.00 – 16.00 WIT. Kuliah umum wajib diikuti oleh mahasiswa psikologi lintas semester dan juga terbuka untuk umum.

Kuliah umum membahas mengenai Memahami Aplikasi Penelitian Kualitatif dalam Bidang Psiklogi yang disampaikan oleh Yohanes Herdiyanto, S.Psi., M.A., salah satu dosen Fakultas Kedokteran Progam Studi Psikologi Universitas Udayana. Pada pemaparannya, beliau menyampaikan mengenai pentingnya memahami penelitian kualitatif terkait penerapannya pada keilmuan psikologi.  Disamping itu, dibahas juga mengenai peran peneliti kualitatif untuk memeroleh data dari berbagai macam sumber untuk memahami dinamika keluarga Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).  Selain itu, beliau juga menerangkan bahwa penelitian kualitatif semestinya tidak hanya dibatasi oleh aktifitas wawancara antara peneliti dengan partisipan penelitian. Melainkan, data kualitatif juga dapat diperoleh melalui analisis konten pada sosial media berupa twitter atau facebook tentang stigma pada ODGJ.

Kuliah umum dihadiri kurang lebih oleh 55 partisipan meliputi mahasiswa psikologi, dosen psikologi, dan mahasiswa lintas prodi serta mahasiswa dari luar UNIMUDA berlangsung dengan sangat antusias yang terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan seputar fenomena sosial dalam kualitatif. Bukan hanya sekedar menjadi kuliah umum, namun acara ini tentu sangat menambah wawasan mahasiswa dibidang psikologi sosial dan klinis.