PESERTA IBU-IBU?? MAHASISWA PSIKOLOGI SUKSES ADAKAN TRAINING MANAGEMENT STRESS

PESERTA IBU-IBU?? MAHASISWA PSIKOLOGI SUKSES ADAKAN TRAINING MANAGEMENT STRESS



















 

PESERTA IBU-IBU?? MAHASISWA PSIKOLOGI SUKSES ADAKAN TRAINING MANAGEMENT STRESS

 

Intervensi Komunitas merupakan salah satu mata kuliah yang ditempuh oleh mahasiswa program studi psikologi semester 6. Untuk mengimplementasikan ilmu tersebut, Bapak Fuad Ardiansyah, S.Psi., M.Si. memberikan output mata kuliah berupa pemberian intervensi kepada komunitas.

Sebelum memutuskan untuk memilih tema Management Stress, tim penyelenggara terlebih dahulu melakukan asesmen kepada komunitas. Adapun prosedur pelaksanaannya yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan pengisian instrumen sebagai bentuk screening. Pada training management stress, komunitas yang dipilih menjadi mitra pelaksanaan intervensi adalah Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) Kota Sorong. 

Terdapat 29 anggota IWSS terlibat dalam kegiatan training tersebut. Training Management Stress dilaksanakan pada Sabtu (22/07) 2023 dan dibuka secara resmi oleh Ketua Program Studi Psikologi, Ibu Nengsih Sri Wahyuni, S.Sos., M.A. di Meetingroom Gedung Mas Mansyur UNIMUDA Sorong. 

Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa psikologi yang telah melibatkan ibu-ibu untuk hadir sebagai peserta training management stress.

“….menurut saya ini adalah pertama kalinya mahasiswa mengadakan kegiatan yang sasarannya adalah ibu-ibu dan mahasiswa ini adalah mahasiswa psikologi angkatan 2020. Mewakili dosen pengampu mata kuliah intervensi komunitas, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, terutama kepada panitia penyelenggara, kepada para peserta juga…” Ucap Ketua Program Studi Psikologi.

Tak sampai disitu, ucapan terimakasih juga beliau sampaikan dalam sambutan tersebut sekaligus membuka secara resmi kegiatan Training Management Stress.

“terimakasih kepada panitia penyelenggara. Dengan ini, semua bisa merasakan penerapan ilmu-ilmu psikologi, jadi bukan hanya mahasiswa saja. Terimakasih juga kepada para peserta yang sudah bersedia meluangkan waktunya untuk praktiknya mahasiswa psikologi. Semoga kita dapat terus bekerja sama untuk kedepannya……dengan mengucapkan Bismillahhirrahmanirrahim Intervensi Komunitas dengan tema Training Managenent Stress Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) saya nyatakan resmi dibuka…”

Setelah Training dibuka secara resmi, tim penyelenggara melanjutkan kegiatan dengan diawali pengenalan oleh seluruh trainer. Hal ini dilakukan guna membangun rapport kepada peserta agar nantinya kegiatan dapat berjalan dengan penuh kedekatan dan menciptakan suasana yang menyenangkan.

Dalam pelaksanaannya, seluruh rangkaian kegiatan training berpedoman pada modul yang telah disusun oleh tim penyelenggara. Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam training ini diantaranya seperti diskusi, games, coret aku, skala prioritas, pengisian pre-test dan post-test, hingga relekasasi. Kegiatan training ini sekaligus menjadi wadah untuk membranding prodi, fakultas, hingga universitas. 

Refleksi pada kegiatan ini dikemas dengan cara menggembirakan agar tidak terkesan membosankan. Antusias dari para peserta juga terlihat selama proses training berlangsung seperti, aktif pada saat berdiskusi, tercipta suasana yang hangat dan menggembirakan, serta pemahaman materi pada saat refleksi. Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih 3 jam, dan diakhiri dengan pengisian lembar evaluasi serta foto bersama di lingkungan UNIMUDA Sorong. [RAN]